Menurut De Vito (1996), fungsi komunikasi massa secara
khusus, yaitu:
1. Fungsi Meyakinkan (to persuade)
-
Persuasi bisa datang dalam bentuk:
a.
Mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan, atau
nilai seseorang
b.
Mengubah sikap, kepercayaan, atau nilai seseorang
c.
Menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu dan
d.
Memperkenalkan etika atau menawarkan sistem nilai
tertentu
2. Fungsi
menganugerahkan status
-
Penganugerahan status (status conferal) terjadi apabila berita yang disebarluaskan
melaporkan kegiatan individu-individu tertentu sehingga prestise mereka
meningkat.
a.
Dengan memfokuskan kekuatan media massa pada
orang-orang tertentu, masyarakat menganugerahkan pada orang-orang tersebut
suatu status publik (public status) yang tinggi. Kegiatan ini dalam dunia public relation disebut publicity (publisitas).
- Fungsi Membius (Narcotization)
-
Dalam artian bahwa apabila media menyajikan informasi
tentang sesuatu, penerima percaya bahwa tindakan tersebut harus diambil.
Sebagai akibatnya, audience terbius ke dalam keadaan pasif, seakan-akan berada
dalam pengaruh narkotika (De Vito, 1996).
- Fungsi Menciptakan Rasa Kebersatuan
-
Media massa mampu membuat audiencenya merasa menjadi
anggota suatu kelompok.
- Fungsi Privatisasi
-
Kecenderungan bagi seseorang untuk menarik diri dari
kelompok sosial dan mengucilkan diri ke dalam dunianya sendiri.
A.
Bagian I
1. Komunikasi Massa
Adalah
peoses penyampaian pesan, ide, atau informasi kepada orang lain dengan
menggunakan sarana tertentu guna mempengaruhi atau mengubah perilaku penerima
pesan. Rungkasan dari komunikasi melalui media massa (communicating with
media), atau komunikasi kepada orng banyak (massa) dengan menggunakan saran media. Media massa sendiri
ringkasan dari media atau sarana komunikasi massa.
2. Josep
A. DeVito
Mengemukakan definisi
komunikasi massa dalam dua item, yaitu : Pertama, komunikasi massa adalah
komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepada khalayak yang luar bias
banyaknya. Kedua, komunikasi massa adalah komunikasi yang disalurkan oleh
pemancar-pemancar yang audio dan/atau visual.
0 comments:
Post a Comment